THE PENINSULA HONG KONG

Dibangun pada tahun 1928 dan merupakan tertua di dataran Hong Kong, hotel nan legendaris ini mempunyai julukan “Grande Dame dari Ujung Timur” tetap terus eksis dan menetapkan standard Hotel di seluruh dunia yang menawarkan perpaduan terbaik dari perhotelan Timur dan Barat dalam dibalut suasana keagungan nan klasik yang tidak tertandingi serta keanggunan abadi. Dengan menginap di hotel ini memungkinkan bagi para tamu untuk merasakan perjalanan hidup glamor serta dapat menjelajahi banyak barang antik dan artefak bersejarah yang dipamerkan di sekitar hotel ini.

Pada 11 Desember 1928, The Peninsula Hong Kong membuka pintu untuk pertama kalinya untuk menyambut tamu dan pelanggan dari seluruh dunia dalam gaya asli Peninsula. Terdapat ungkapan yang mengatakan “setiap wanita yang besar memiliki sejarah” namun tidak terkecuali untuk The Peninsula ini, baginya sejarah itu adalah visi dan evolusi dengan arsitek yang luar biasa, yang dimana pada awal tahun 1920 mempunyai konsep untuk membangun “Hotel Pertama dari Suez Timur”. Demikianlah konsep ini diwujudkan atas perintah dari pebisnis yang jeli dan yakin akan perkembangan ke depannya dianggap keputusan yang berani pada saat itu.

 border=

Bisa kita lihat seperti pada hotel besar umumnya, The Peninsula merupakan sebuah bisnis keluarga. Cerita ini diawali dengan datangnya kedua bersaudara keturunan Yahudi – Irak yaitu Ellis Kadoorie yang menetap di Shanghai pada tahun 1880 sementara kakaknya, Elly mengatur dirinya sendiri di Hong Kong. Dua dekade sudah berjalan membuat saudara – saudara Kadoorie sukses mengatur kekayaan mereka dengan mencapai kesuksesan di bidang perbankan, perkebunan karet, utilitas listrik dan real estate yang kemudian mendapatkan hak memegang saham terbesar di Hong Kong Hotels Limited.

Saat Sir Ellis mendapatkan gelar kebangsawanannya pada tahun 1917 atas dedikasinya terhadap pelayanan masyarakat saat ini melalui tindakan amal yang dilakukannya yang dimana masih berlanjut hingga hari ini membuat Hong Kong Limited memegang sejumlah anak perusahaan yang meliputi The Peak dan Bay Hotel Repulse di Hong Kong; Astor House, The Palace Hotel dan The Majestic di Shanghai serta Grand Hotel Wagons Lits di Beijing.

Setelah waktu berjalan lewat 12 tahun terhitung dari pembukaan The Peninsula Hong Kong, tingkat kekuasaan ini kemudian diteruskan ke generasi berikutnya yang bernama Lawrence Kadoorie yaitu putra Sir Elly menjabat Ketua Dewan yang kemudian diganti pada tahun 1946 oleh saudaranya Horace. Ditambah lagi sejak hilangnya property Shanghai terhadap pemerintah Republik Rakyat Cina di tahun 1949 membuat The Peninsula menjadi perusahaan andalan yang tak tertandingi.

Sejak pembukaannya pada tahun 1928 dan menjelma menjadi salah satu hotel legendaris terbesar di dunia, The Peninsula Hong Kong patut membanggakan diri karena memiliki staf multi – talenta terbaik yang terkenal akan kepeduliannya terhadap tamu, menyediakan lingkungan yang harmonis, dan menawarkan karyawan berbagai program pelatihan dalam pengembangan yang membantu membawa jadi yang terbaik dalam diri mereka. Sejak berkiprah di dunia perhotelan, Hotel ini juga telah menyabet penerima penghargaan yang tak terhitung jumlahnya, baik itu penghargaan bergengsi dari media cetak lokal, publikasi online ataupun dari internasional, panduan wisata dan masih banyak lagi yang mengokohkan dirinya sebagai salah satu hotel terbaik di dunia. Berikut beberapa penghargaan yang diraihnya, antara lain :

– Top 100 Hotel in China dari China Travel Awards di tahun 2013.

– Top 40 Hotel in China dari Reader’s Choice Awards.

– 101 Best Hotel Restaurant Around in the World dari The Daily Meal USA di tahun 2013.

– No. 1 Best Hotel Restaurant Around in the Asia dari The Daily Meal USA di tahun 2013.

– Fodor’s 100 Hotel Awards – Enduring Classics category dari Fodor’s USA di tahun 2013.

– China’s Wine List of the Year Finalist 2013 dari China Wine List of the Year.

Pada tahun 1994, hotel ini diperluas dengan ditambahkannya menara berlantai 30 yang tetap mengikuti gaya yang sama dengan bangunan yang ada. Struktur bangunan hotel yang ada tetap dipertahankan, yang meliputi halaman depan dan lobby depan. Saat pembangunan ekspansi ini dilakukan, hotel ini tetap beroperasi selayaknya. Kemudian terdapat Menara Peninsula yang baru yang dilengkapi fasilitas helipad, yang digunakan untuk membawa tamu VIP ke Bandara International Hong Kong dengan durasi penerbangan menjadi 7 menit. Tidak hanya sampai disitu jumlah kamar juga meningkat menjadi total 300 kamar dengan penambahan 132 kamar dan suite. Fitur baru lainnya termasuk 10 lantai ruang kantor, toko ritel dan fasilitas hotel yang modern.

Saat merayakan ulang tahun hotel yang ke-85 yang jatuh pada April 2013, pihak Hotel meluncurkan program perbaikan senilai HK$ 450 juta yang dimana termasuk perbaikan Menara Peninsula. Fitur baru juga ditingkatkan mulai dari tablet layar sentuh dan perpustakaan DVD Film 3D dengan definisi tinggi serta dekorasi kamar yang dibalut dengan suasana ornament Oriental Cina. Tetapi renovasi ini tidak mencakup lobby ikonik, restorant dan bar. Sejak bulan Desember 2006, hotel ini mempunyai armada sebanyak 14 unit Rolls Royce Phantoms sebagai transportasi antar jemput tamu hotel yang kemudian dibentuk dengan nama Rolls Royce Silver Spurs.

Dan untuk urusan bersantap, The Peninsula Hong Kong telah menjadi puncak dari keunggulan kuliner selama lebih dari 85 tahun. Tim kuliner menawarkan rasa canggih dari seluruh dunia dalam tujuh restoran hotel dan dua bar. Gerai makanan dan minuman di Hotel ini termasuk :

– Restoran Felix menyajikan masakan Eropa modern.

– Restoran Gaddi menyajikan masakan khas Perancis.

– Restoran Spring Moon menyajikan masakan Kanton.

– Restoran Chesa menyajikan masakan tradisional Swiss.

– Restoran The Lobby menawarkan makanan khas Asia Internasional. Plus terdapat ritual sperti Afternoon Tea yang mengingatkan para tamu akan romantisme colonial masa lampau.

– Restoran Imasa menawarkan masakan khas Jepang.

– Restoran The Verandah menawarkan masakan kontemporer dari Hong Kong.

Dan dua bar yang dihadirkan disini termasuk Salon de Ning dengan mensajikan cocktail halus dan makanan ringan dengan sassy twist serta The Bar yang menyuguhkan whiskey langka yang dipadukan dengan coklat, cocktail dan Champagne anggur yang terbilang cukup halus. Sedangkan untuk urusan fashion dan toko ritel, Hotel ini ternyata memiliki salah satu tempat fashion tertua di Hong Kong dan sebagai bukti nyata telah ditempatkan beberapa merk internasional seperti Channel, Dior, Hermes, Gucci, Prada, Louis Vuitton dan masih banyak lagi.